Header Ads

hut-ri-72

Potensi Desa

Desa Jaten sangat kaya akan tanaman palawija seperti kacang tanah, kacang panjang, jagung, dan ubi kayu, ubi jalar, serta tanaman buah seperti mangga, rambutan, durian, dan pisang juga mampu menjadi sumber pemasukan (income) yang cukup handal bagi penduduk desa ini.

Untuk tanaman perkebunan, jenis tanaman tebu merupakan tanaman handalan. Kondisi alam yang demikian ini telah mengantarkan sektor pertanian secara umum menjadi penyumbang Produk Domestik Desa Bruto (PDDB) terbesar yaitu Rp 4.000.000 atau hampir 45 % dari Produk Domestik Desa Bruto (PDDB) Desa yang secara total mencapai Rp 30.750.000.

Jenis tanah merah dan berbatu Desa Jaten ini tepat sebagai lahan pemukiman dan jalan, karena cenderung kokoh namun agak rawan longsor. Karenanya, masyarakat Desa Jaten dalam membuat tembok bangunan memerlukan lebih banyak material. Sebab bangunan tembok, kalau pondasinya tidak maksimal kuat akan beresiko pecah dan bisa membahayakan jiwa penduduk. Dari 750 buah rumah yang ada,sekitar 400 buah rumah yang terbuat dari tembok, sementara lainnya campuran dari papan kayu dan bambu.